Kesehatan

Makanan dan Minuman Penghambat Kesuburan

sumber foto: unsplash

Invitasiku.com – Makanan dan minuman menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan jika Anda ingin cepat hamil. Sebagian makanan dapat melancarkan program hamil atau penyubur kandungan. Namun, ada pula makanan yang bisa menghambat kesuburan dan kurang cocok untuk program hamil, seperti:

1. Ikan tinggi merkuri

Ikan tinggi merkuri termasuk salah satu pantangan makanan untuk program hamil atau penyubur kandungan jika ingin cepat hamil. Beberapa jenis ikan memiliki kadar merkuri yang lebih tinggi daripada ikan lainnya.

Di antaranya adalah ikan marlin, orange roughy, tilefish, todak (swordfish), hiu, king mackerel, dan tuna mata besar (tuna big eye). Penelitian membuktikan bahwa kadar merkuri yang tinggi di dalam darah mengakibatkan penurunan kesuburan pada pria maupun wanita.

Tak hanya itu, merkuri juga akan tetap berada di tubuh selama satu tahun lebih yang dapat membahayakan otak dan sistem saraf janin.

2. Makanan kemasan

Makanan dan minuman kemasan biasanya dikemas dengan wadah yang terbuat dari kaleng maupun plastik. BPA (bisphenol A) adalah bahan kimia yang ditemukan di beberapa wadah plastik seperti botol air, wadah makanan, dan lapisan kaleng alumunium.

Penelitian menemukan fakta bahwa paparan BPA yang tinggi dari wadah makanan dan minuman kemasan dapat menganggu kesuburan pria dan wanita. Bahan kimia ini menganggu kesuburan dengan menurunkan jumlah sperma dan sel telur yang sehat.

3. Makanan yang mengandung lemak trans

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa lemak trans termasuk jenis lemak yang sangat buruk untuk kesehatan. Pasalnya, jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dengan cepat. Kolesterol yang terlalu tinggi menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Makanan dengan kandungan lemak trans meningkatkan risiko gangguan ovulasi (keluarnya sel telur dari indung telur) sehingga menyebabkan masalah kesuburan. Biasanya, lemak trans ditemukan dalam minyak sayur yang terhidrogenasi, yakni jenis minyak yang umumnya digunakan untuk menggoreng.

Makanan cepat saji yang tentu saja mengandung lemak trans juga perlu Anda hindari untuk program hamil atau penyubur kandungan.

4. Minuman beralkohol

Salah satu penelitian yang melibatkan 430 pasangan yang minum lima gelas minuman beralkohol per minggunya mengalami masalah kesuburan.

Penelitian lain yang melibatkan 7.393 wanita juga menemukan fakta bahwa konsumsi alkohol berlebihan meningkatkan risiko Anda susah punya anak.

Namun, penelitian belum menemukan takaran seberapa banyak alkohol yang dikonsumsi hingga bisa menyebabkan ketidaksuburan.

5. Soda

Sebuah penelitian dalam Journal Epidemieology menemukan bahwa minum soda  memiliki kaitan dengan penurunan fertilitas atau kesuburan, baik pada pria maupun wanita.

Setelah menganalisis data para peserta, peneliti menemukan bahwa minum soda memiliki kaitan dengan menurunnya peluang pembuahan yang akan menjadi cikal bakal kehamilan.

Sumber: Hallosehat.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2020 Invitasiku.com

To Top